0

Sejarah dan Pengertian Teknologi Beserta Perkembangan dari Teknologi

Share this Article on :

“ Sejarah dan Pengertian beserta Perkembangan dari Teknologi dan Internet “






“ Sejarah dan Pengertian beserta Perkembangan dari Teknologi dan Internet “

Assalamualaikum sobat blogger.
Disini kita akan membahas seputar Sejarah, Pengertian dan Perkembangan dari Teknologi.

Sebelum kita masuk ke inti pembahasan dari Teknologi, disini saya akan mengajak sobat blogger untuk mengenal dulu Apa itu Teknologi Terlebih dahulu.

Teknologi berasal dari kata technologia (bahasa Yunani) techno artinya ‘keahlian’ dan logia artinya ‘pengetahuan’. Pada awalnya makna teknologi terbatas pada benda- benda berwujud seperti peralatan- peralatan atau mesin. 

Seiring berjalannya waktu makna teknologi mengalami perluasan. ia tidak terbatas pada benda berwujud, melainkan juga benda tak berwujud. semisal perangkat lunak, metode pembelajaran, metode bisnis, pertanian dan lain sebagainya.

Teknologi adalah sarana untuk menyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan dan kenyamanan hidup manusia.

Perlu kita ketahui banyak sekali Teknologi yang dapat membantu Manusia dalam Pekerjaan sehari-hari, seperti Handphone, Laptop, Kamera, Kaca Mata, Mobil, Pesawat dan masih banyak lagi.
Perkembangan Teknologi sangat pesat setiap hari bahkan setiap menit pasti ada pembaruan tentang Teknologi.

Sejarah Teknologi
Sejarah teknologi dimulai dari munculnya spesies manusia di muka bumi, jejak-jejak peralatan dan teknologi yang dimiliki manusia sejak awal peradabannya ditemukan, kemudian direkontruksi secara historis dan kemudian dianalisa kaitannya dengan perkembangan peradaban manusia.
Sejarah teknologi manusia dimulai dari hal sederhana seperti pengembangan bahasa, pembuatan perkakas dari batu hingga yang sangat rumit seperti komputer kuantum.

Manusia membutuhkan untuk berkomunikasi diantara sesamanya sebagai kebutuhan utamanya untuk dapat saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Maka mulailah manusia ,emcari dan menciptakan system dan alat untuk saling berhubungan tersebut, mulai dari melukis bentuk(gambar) di dinding gua, isyarat tangan, isyarat asap, isyarat bunyi, huruf, kata, kalimat, tulisan, surat, sampai dengan telpon dan internet.

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 9; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]



Pengertian Teknologi
Menurut para Ahli :

1.    Teknologi adalah pengembangan dan penerapan berbagai peralatan atau sistem untuk menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi manusia dalam kehidupan
sehari- hari. (M Maryono).

2.    Teknologi adalah keseluruhan metode yang secara rasional mengarah dan memiliki ciri efisiensi dalam setiap kegiatan manusia (Jacques Ellil).

3.    Teknologi merupakan penerapan ilmu- ilmu perilaku dan alam serta pengetahuan lain secara bersistem dan mensistem untuk memecahkan masalah (Gary J. Anglin).

4.    Teknologi didefinisikan sebagai suatu entitas benda atau bukan benda yang sengaja diciptakan secara terpadu melalui proses perbuatan, pemikiran untuk mencapai suatu nilai. (NN)

Menurut Williams dan sawyer (2003)
Teknologi informasi adalah penggabungan komputasi yaitu komputer dengan jalur komunikasi berkecepatan tinggi yang membawa data, suara dan video.

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 9; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]


Menurut Penulis Teknologi itu adalah suatu Alat atau barang-barang yang diciptakan untuk membantu Pekerjaan Manusia menjadi jauh lebih mudah..

Hayo untuk sobat blogger kira-kira punya pengertian sendiri ga untuk Teknologi?



Perkembangan Teknologi

1.    Menulis Program komputer pertama di Dunia, Tahun 1830
Augusta Lady Byron menulis program computer yang pertama di dunia ia bekerja sama dengan Charles babbage menggunakan mesin analytical yang didesain sehingga mampu memasukkan data, mengolah data, dan menghasilkan bentuk keluaran dalam sebuah kartu. Mesin ini dikenal sebagai bentuk komputer digital yang pertama, walaupun cara kerjanya lebih bersifat mekanis daripada bersifat digital.

2.    Kalkulator Menghitung Differensial, Tahun 1931
Vannevar Bush membuat sebuah kalkulator untuk menyelesaikan persamaan differensial. Mesin tersebut dapat menyelesaikan persamaan differensial kompleks yang selama ini dianggap rumit oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros yang dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.

3.    Komputer Elektronik Digital Pertama, Tahun 1939
Pada 1939, Dr. John V. Atanasoff dan dibantu oleh Clifford Berry berhasil menciptakan komputer elektronik digital pertama. Sejak saat ini, komputer terus mengalami perkembangan sehingga menjadi semakin canggih. Mengenai sejarah perkembangan komputer ini akan dijelaskan pada bagian berikutnya.


4.    Telepon di Pergunakan Secara Umum, Tahun 1877
Alexander Graham Bell menciptakan dan mengembangkan telepon yang dipergunakan pertama kali secara umum. Pada 1879, sistem pemanggilan telepon mulai menggunakan nomor yang menggantikan sistem pemanggilan nama. Hal ini untuk mencegah operator yang tidak mengenal semua pelanggan. Sistem penomoran telepon menggunakan huruf dan angka, dimana nomor telepon menggunakan sistem dua huruf dan lima digit angka.

500 SM
Serat papyrus digunakan sebagai kertas-kertas yang terbuat dari serat pohon papyrus yang tumbuh di sekitar sungai nil ini menjadi media menulis/media informasi yang lebih kuat dan fleksibel dibandingkan dengan lempengan tanah liat yang sebelumnya di gunakan sebagai media informasi.

105 M
Bangsa cina menemukan kertas, yang terbuat dari serat bambu yang di haluskan, disaring, dicuci kemudian diratakan dan dikeringkan.

Tahun 1455
Mesin cetak yang menggunakan plat huruf terbuat dari besi yang bisa di ganti-ganti dalam bingkai yang terbuat dari kayu di kembangkan untuk yang pertama kalinya oleh johan Gutenberg.

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 10-11; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]

Sejarah Internet
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research InstituteUniversity of CaliforniaSanta BarbaraUniversity of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh sebab itu ARPANET dipecah menjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET"(Advanced Research Project Agency Network) baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Rangkaian pusat yang membentuk internet di awali pada tahun 1969 oleh ARPA (Advance Research Projects Agency(, sebuah badan yang di bentik pada tahun 1958 oleh amerika yang terdiri darui para peneliti dan teknisi dari universitas dan laboratoriun yang ada di amerika. Awalnya, badan ini dibentuk untuk menyaingi rusia, yang saat itu lebih maju di bidang satelit. Para peneliti pun bekerja, tidak harus di satu lokasi, untuk membuat penelitian dan mendedikasikan hasil penelitian tersebut untuk perkembangan teknologi Amerika Serikat.

Karena mereka bekerja dengan satu tujuan, tentu mereka harus saling berbagi hasil penelitian sesering mungkin. Namun, Karen apara peneliti tersebut bekerja tidak dalam satu lokasi, mereka mengalami kesulitan dalam hal ini. Akhirnya, ARPA memutuskan untuk membuat sebuah jaringan komputer atau komputer network pada tahun 1969, yang di beri nama ARPANET. Dengan adanya ARPANET, para peneliti dari seluruh belahan amerika bisa berkomunikasi dan mengakses data-data yang mereka perlukan dari komputer server yang telah di sediakan. Sambungan atau jalur yang di gunakan ARPANET saat itu adalah jalur atau kabel telephone. Namun, pada waktu itu, ARPANET bukanlah untuk semua orang hanya untuk kalangan tertentu.

[Darma, Jarot s., Shenia Ananda, 2009, Buku Pintar Menguasai Internet hal 2 ;Media Kita, Jakarta Selatan]


Pengertian Internet
internet (interconnection networking) sendiri adalah jaringan komunikasi global yang terbuka dan menghubungkan jutaan bahkan milyaran jaringan komputer dengan berbagai tipe dan jenis, dengan menggunakan tipe komunikasi seperti telepon, satelit dan lain sebagainya. 

Secara harfiah, Internet ( Interconnected-Networking ) adalah Rangkaian Komputer yang terhubung satu sama lain.
[Darma, Jarot s., Shenia Ananda, 2009, Buku Pintar Menguasai Internet hal 1 ;Media Kita, Jakarta Selatan]


Perkembangan Internet
1.    Awal Internet dibentuk, Tahun 1969
Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek lembaga ARPA yang mengembangkan jaringan yang dinamakan ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX.

2.    membentuk Defence Advanced Research Projects Agency, Tahun 1957
USSR (Uni Sovyet) meluncurkan sputnik, US merespon dengan membentuk Defence Advanced Research Projects Agency (DARPA).

3.    Komputer Menggunakan Teknologi Packet Switching,Tahun 1969
Arpanet merupakan jaringan pertama yang berjalan diatas teknologi packet switching (saat itu masih baru dikenal). Pada tanggal 29 Oktober untuk pertama kalinya komputer yang berada di Standford and UCLA saling terhubung dalam sebuah jaringan komputer. Inilah yang merupakan cikal bakal berdirinya internet.

4.    Munculnya UNIX,Tahun 1969
Salah satu perkembangan terbesar di era 60-an adalah ditemukannya Unix. Sebuah sistem operasi yang kini menjadi dasar perkembangan sistem operasi lain seperti Linux dan FreeBSD (Sistem Operasi yang saat ini terkenal dengan ketangguhan dan kestabilannya).

5.    Penerapan Jaringan ARPANET,Tahun 1970
Sebuah jaringan bernama Arpanet Network resmi diluncurkan dan berhasil menghubungkan komputer-komputer di Harvard, MIT, dan BBN (perusahaan yang membuat dan mendesain interface message processor yang digunakan untuk interkoneksi dalam suatu jaringan.



Tahun 1969
Pembentukan ARPANET (Advance Research Projects Agency)

Tahun 1972
Mulai di perkenalkannya E-Mail

1 January 1983
ARPANET menukar Protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. Ini merupakan awal dari internet yang kita kenal.

Tahun 1989
Diperkenalkannya sebuah Protokol, yaitu Hypertext Transfer Protocol atau HTTP. Denagn protocol yang sama akan memudahkan komputer untuk saling berhubungan.

[Darma, Jarot s., Shenia Ananda, 2009, Buku Pintar Menguasai Internet hal 3 ;MediaKita, Jakarta Selatan]


Hubungan Teknologi dengan Internet
1.    Handphone dengan Internet Melakukan Komunikasi dengan Mudah, Cepat dan Tepat.
Handphone adalah salah satu teknologi yang sekarang mempunyai hubungan dengan internet, pada awal handphone di gunakan handphone hanya berfungsi sebagai alat berkomunikasi menggunakan jaringan radio, seiring berjalannya waktu handphone kini juga berhubungan dengan teknologi internet, adanya internet handphone manjadi lebih banyak fungsi, misalnya bisa melakukan panggilan berupa suara ataupun video, mengirim email, dan kegiatan social media lainnya yang menggunakan teknologi internet. Degan di hubungkannya teknologi handphone dengan internet membantu dalam kecepatan berkomunikasi dengan orang lain dengan jarak yang sangat jauh.

2.    Mesin ATM dengan Internet
Mesin ATM( Automated Teller Machine ) ini adalah teknologi untuk melakukan penarikan uang yang sudah kita simpan di Bank, lalu mengambil nya dengan menggunakan Kartu ATM dan Mesin ATM. Teknologi mesin ATM ini juga berhubungan dengan internet, mengapa? Karena teknologi internet ini mempunyai peran yang sangat penting yaitu untuk mencatat LOG dari pengambilan/pengeluaran sampai jumlah saldo dari pengguna ATM, Bank juga dapat
men-update info dari si pemilik kartu ATM melalui Jaringan internet.

3.    Kamera CCTV dengan Internet
CCTV adalah teknologi camera yang berguna untuk mengawasi suatu tempat yang di sorot atau di pasangkan oleh kamera CCTV, kamera CCTV juga menyimpan segala sesuatu yang di rekam oleh kamera tersebut dan hasilnya dapat di lihat ulang. Dengan di hubungkannya teknologi Camera CCTV dengan Teknologi Internet jadi pemilik CCTV dapat mengakses Tampilan CCTV serta Melihat Rekaman ulang CCTV dari jauh atau tidak langsung dari layar yang menampilkan rekaman CCTV.






4.    Komputer dengan Internet
Komputer adalah Teknologi yang paling besar di ciptakan Oleh manusia sepanjang sejarah. Awalnya komputer di ciptakan untuk menghitung masalah matematika yang sangat rumit, terhubungnya komputer dengan Teknologi internet menjadikan komputer mempunyai banyak fungsi Lain diataranya adalah dapat berkomunikasi dengan komputer manapun di seluruh dunia. Seperti untuk mencari informasi yang berada di internet, dan masih banyak lagi.   


Dampak Positif Dan Negatif dari Internet

1.    Dampak Positif
Teknologi internet telah memberikan keuntungan besar dalam kehidupan manusia. Seolah-olah hidup kita menjadi mudah dan praktis karena internet. Beberapa keuntungan adanya internet yaitu memudahkan komunikasi dengan teman-teman, kerabat, dan keluarga melalui dunia maya.

-       Chatting
Komunikasi Tidak hanya dilakukan secara tatap muka langsung. Di internet kita juga bisa ngobrol, berdiskusi, dan saling kirim gambar dengan fasilitas chatting. Berkenalan dengan orang baru dari berbagai Negara juga bisa di lakukan lewat chatting.

-       Teleconference
Komunikasi di berbagai tempat yang berjauhan sudah tidak lagi menjadi hambatan. Konferensi interaktif secara online dari jarak jauh dapat menghemat waktu, tenaga pengajar, kapasitas ruang belajar, serta tidak mengenal letak geografis, cukup diam di rumah, kita bisa melakukan komunikasi dengan orang-orang di berbagai Negara seperti amerika, india, china, dan Negara-negara lainnya.

-       Email
Email atau electronic mail adalah layanan surat menyurat lewat internet. Fasilitas ini sudah sering kita dengar. Selain untuk saling mengirim pesan panjang, kita juga dapat menggunakan email untuk mengirim tugas dalam proses belajar, pendaftaran masuk sekolah, dan lain-lain.

-       Sarana Berbisnis
Internet juga banyak di manfaatkan masyarakat sebagai tempat berbisnis. Istilah yang sekarang dipakai adalah “Bisnis Online”. Saat ini bisnis bisa di mudahkan dengan tersedianya akses internet untuk berjualan pulsa secara online, ada yang membuka took buku, took peralatan elektronik, sampai took perlengkapan bayi di internet.



2.    Dampak Negatif

Selain meberikan dampak positif, internet juga memiliki dampak negative. Para pengguna internet diharapkan dapat menggunakan internet untuk kebaikan dirinya dan orang lain. Orang tua harus mengenali dan memahami “cacat” yang di miliki oleh internet adar tetap dapat sehat berinternet.

Berikut dampak negative dari internet :

-       Pornografi
Pornografi sudah melekat dengan internet. Anggapan yang mengatakan bahwa internet identic dengan pornografi memang tidak salah, meskipun tidak sepenuhnya benar. Dengan jangkauan luas yang dimiliki internet, pornografi pun merajalela.

-       Carding
Carding adalah aktivitas pembelian barang di internet menggunakan kartu kredit bajakan. Penipuan jenih ini biasa dilakukan oleh hacker yang mengetahui cara-cara dalam mencuri uang orang lewat internet.

-       Perjudian
Dengan jaringan yang tersedia para penjudi tidak perlu pergi ketempat khusus untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka bisa bebas melakukan perjudian di internet tanpa terawasi. Bermacam jenis judi online marak di internet. Mulai dari situs taruhan bola, judi kasino, sampai permainan togel (toko gelap) online yang di larang di dunia nyata.

-       Membuat orang menjadi “AUTIS”
Keasyikan berinternet dapat menjadikan orang tersebut seperti anak autis yang memiliki dunia sendiri dan tidak peduli dengan sekelilingnya. Satu hal yang perlu kita ingat, internet adalah sarana bersosialisasi dan menambah teman, bukan untuk menjadi “AUTIS” dan tidak acuh pada lingkungan sekitar.

[Annisa Rahmania, Agung cahyanto, Yoan Destarina, Internet Sehat facebook & twitter hal 19-29 ; PT Niaga Swadaya, Jakarta pusat]








Refrensi Internet :
http://ilmupengetahuan.org/sejarah-perkembangan-internet/
https://dhilahloethoe.wordpress.com/perkembangan-internet/
https://www.nesabamedia.com/pengertian-fungsi-dan-manfaat-internet-lengkap/
https://id.wikipedia.org/wiki/Sejarah_Internet



Refensi Buku :
[Annisa Rahmania, Agung cahyanto, Yoan Destarina, Internet Sehat facebook & twitter hal 19-29 ; PT Niaga Swadaya, Jakarta pusat]

[Darma, Jarot s., Shenia Ananda, 2009, Buku Pintar Menguasai Internet hal 3 ;MediaKita, Jakarta Selatan]

[Darma, Jarot s., Shenia Ananda, 2009, Buku Pintar Menguasai Internet hal 2 ;Media Kita, Jakarta Selatan]

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 10-11; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 9; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]

[muhajir Affandi, 2017, Teknologi informasi & komunikasi dalam pendidikan, hal 9; yayasan nurul huda windusengkahan, Kuningan]



Artikel Terkait:

0 komentar:

Posting Komentar